12 December 2019
Maximum Braking with TDR Brake Hose

Salah satu bagian Handling Systems yang paling vital adalah Brake Systems. Disini ada Disc Rotor, Brake Caliper, Disc Pad, dan Brake Hose. Hasil pengereman maksimal diperoleh dari part-part ini. Teknologi sistim pengereman dari waktu ke waktu terus mengalami peningkatan. Untuk itu, perlu kami berikan informasi buat teman-teman riders.

 

Kali ini kita coba mengulas Brake Hose (selang rem). Piranti berbentuk seperti tali berlubang ini layaknya pembuluh darah dalam tubuh manusia yang berfungsi sebagai penyalur darah keseluruh tubuh manusia. Bayangkan bila pembuluh darah tersebut tidak berfungsi karena tersumbat? Brake Hose agak mirip-mirip juga.

 

Perlu kita ketahui bahwa fungsi utama dari Brake Hose, sebagai tempat menyalurkan minyak rem dari master rem sehingga bisa mendorong piston untuk menjepit cakram rem dan menghasilkan pengereman. Untuk itu piranti ini harus diperhatikan dengan sungguh-sungguh. Kadang kita dengar “rem blong”, nah itu akibat tidak berfungsinya piranti ini.

 

Menurut broer Dwi,” Betul, fungsi selang rem yakni menyalurkan minyak rem dari master rem ke kaliper. Boleh saya bilang mentransfer tenaga lewat tekanan dari master rem. Dengan cara mendorong piston sehingga menjepit cakram rem melalui minyak rem yang berada dalam selang rem tersebut. Untuk itu selang remnya harus kuat menahan tekanan atau beban, agar pengereman yang kita inginkan bisa sempurna,”jelas Dwi Kepala Mekanik TDR.

 

Pengereman mengalami “delay” atau telat respon pada saat kita ngerem, lanjut Dwi artinya selang remnya tidak berfungsi dengan baik. Ini kemungkinan besar karena masih menggunakan selang rem keluaran pabrik yang kebanyakan terbuat dari bahan karet. Dimana kata Dwi, lapisan dalamnya ada anyaman benang dan dilapisi karet diluarnya. Ini akibatnya ketika kita menekan master rem, selang rem tersebut ngembang, dan telat menekan piston. Karena telat menekan piston, makanya ada “delay” atau telat berhenti dibandingkan dengan keluaran TDR yang mana pada saat kita ngerem, kendaraan yang kita pakai langsung merespon dan berhenti sesuai yang kita inginkan,”ungkap Dwi pria yang suka masak tersebut.

 

Sekarang kita tinggalkan selang rem “kuno” yang terbuat dari bahan karet dan beralih menggunakan produk High Performance. Bila Anda adalah riders yang selalu ingin yang High Performance, pasti akan menggunakan produk High Performance pula. Salah satunya adalah, High Performance Brake Hose bikinan TDR Industries. Piranti yang satu ini selalu ditemukan pada kebanyakan motor ber-cc diatas 150. Namun jangan heran, karena pengguna motor ber-cc kecilpun tidak luput menggunakannya.

 

Alasannya karena, piranti ini sangat dan terbukti menghasilkan pengereman yang maksimal. Keunggulannya, terbuat dari anyaman lembaran Stainless diberi finishing PVC pada bagian lapisan luar sehingga menjamin peningkatan pengereman lebih dari 30%. Tahan terhadap korosi, anti penumpukan sisa kerak dari campuran minyak rem dan yang lebih lagi tahan terhadap tekanan suhu tertinggi. Anda yang suka mengendarai motor dengan kecepatan tinggi atau berkarakter aktif, High Performance TDR Brake Hose menjadi solusi bagi Anda.

 

Butuh informasi secara lengkap mengenai piranti ini, silahkan kunjungi online shop MITRA 2000 di www.oneteamstore.com atau silahkan merapat hanya untuk sekedar berkonsultasi dengan tim mekanik di TDR Technology Center, Jalan Swadaya IV no 09 Radjiman Cakung Jakarta Timur.

Related Article